On The News

Lebih Dekat dengan Calon Pembeli Melalui Foto

Maraknya media properti online baru yang hadir di Indonesia juga meningkatkan persaingan antar para pengguna jasa media ini. Selain pemilihan media properti online yang tepat, kualitas materi listing yang diposting ke dalam media juga ber pengaruh terhadap peluang mendapatkan pembeli potensial.
 
Ketika browsing rumah, memamerkan rumah kita sendiri untuk di jual, atau saat mengimpikan rumah idaman, faktor visual memainkan peranan penting. Perusahaan fotografi internasional Top Snap bertanya kepada 600 agen properti Australia tentang bagaimana cara mereka memasarkan properti dan hasilnya sangat mengejutkan. 99% mengatakan tidak ada cara yang melebihi dari sebuah foto yang baik. Sebenarnya ini adalah sesuatu yang sudah kita ketahui secara naluriah. Seorang responden berkomentar "Fotograti profesional adalah 100% penting untuk pemasaran rumah, di setiap kisaran harga di setiap lokasi. Saya tidak akan menempatkan rumah di pasar dengan fotografi yang buruk. Foto yang baik menarik lebih banyak pembeli sehingga memberikan harga jual yang lebih tinggi bagi pemilik rumah." Lalu bagaimana dengan Indonesia?
 
Ternyata di Indonesia fakta visual juga memliki pengaruh yang sarna terhadap produk yang ditawarkan. Para pengunjung media properti online lebih tertarik kepada listing dengan foto yang baik. Hasil  analisa data yang dilakukan  oleh situs pencarian properti mimpiproperti.com menunjukkan bahwa listing dengan gambar yang baik mendatangkan 3x lipat lebih banyak orang yang melihat dibanding dengan iklan properti yang sama. Dengan demikian probailitas sebuah produk terjual akan lebih tinggi.
 
Berikut adalah 4 tips yang bermantaat untuk meningkatkan kualitas foto properti Anda:
1. Pencahayaan
Cahaya adalah teman terbaik  seorang fotografer. Pencahayaan yang baik dapat membuat foto Anda secara keseluruhan terlihat lebih profesional Pilihlah hari yang cerah untuk memotret, nyalakan semua lampu, buka semua tirai dan mantaatkan cahaya alami semaksimal mungkin.

2. RapihkanProperti
Luangkan waktu untuk merapihkan dan membersihkan properti Anda. Ruangan atau propertiyang kotor dan berantakan akan mengurangi nilai jual serta mengganggu secara visual bagi calon pembeli. Ruangan yang bersih dan rapih pada umumnya membuat tempat Anda tampak lebih mengundang dan luas.

3. Komposisi foto
Komposisi dalam foto sangat penting. Pertimbangkan aturan sepertiga untuk menciptakan keseimbangan dalam foto agar dapat memberikan pengataman unik bagi calon pembeli.

4. Gunakan Jasa fotografer Profesional
Jika jadwal Anda padat dan ingin menampilkan listing yang lebih menonjol secara visual dibandingkan dengan para pengguna jasa media properti online yang lain, Anda dapat menggunakan jasa fotografer profesional untuk memotret produk Anda.
Dan ingat foto properti yang Anda tampilkan memberikan referensi awal bagi para calon pembeli dalam menentukan pilihan. Semakin banyak dan menarik toto properti yang Anda tampilkan, calon pembeli akan lebih bersemangat melihat listing properti Anda. Cobalah untuk memotret properti Anda dari berbagai sudut. (HW)

Penulis : Henry Wardjiman – Fotografer mimpiproperti.com
Written by: BUSDEV Date: Kamis, 05 November 2015 05:25 WIB